REKOR ANCELLOTI DI LIGA CHAMPIONS

Rekor Ancelloti di Liga Champions dimana dirinya suskes membawa Real Madrid mengalahkan Manchester City di semi final Liga Champion 2021/22

Rekor Ancelloti terbilang bukan pertama kalinya karena sebelumnya juga pernah membawa Real Madrid masuk ke Final Liga Champions.

Seperti yang diketahui Real Madrid menjamu Manchester City di leg kedua babak semifinal Liga Champions 2021-22 di Santiago Bernabeu, Kamis (05/05/2022) dini hari WIB. Ancelotti dihadapkan pada tugas yang berat.

Man City tampak akan mengamankan satu tiket ke final Liga Champions musim ini setelah Riyad Mahrez memecah kebuntuan pada menit ke-73.

Real Madrid akhirnya tak punya pilihan selain berusaha mati-matian menggempur pertahanan Manchester City. Dan ternyata usaha mereka berhasil.

Menit ke-90, Rodrygo sukses menjebol gawang Ederson. Ia dengan mudah mencetak gol memaksimalkan umpan matang Karim Benzema.

Madrid kemudian memanfaatkan momentum. Dalam waktu satu menit mereka bisa mencetak gol lagi melalui Rodrygo, kali ini usai mendapatkan umpan silang dari Dani Carvajal.

Duel berlanjut ke babak extra time. Di sini Real Madrid bisa mencetak satu gol lagi melalui penalti Karim Benzema pada menit ke-95.

Pada akhirnya Madrid menang 3-1. Manchester City pun tersingkir dengan agregat 6-5.

Kemenangan itu membuat Carlo Ancelotti kini makin menancapkan statusnya sebagai pelatih papan atas Eropa. Pasalnya pelatih asal Italia tersebut sukses mencatatkan rekor baru.

Kini ia memastikan diri tampil di final Liga Champions untuk yang kelima kalinya. Menurut catatan UEFA, tak ada pelatih lainnya yang pernah meraih hal serupa.

Ancelotti sendiri mencatatkan rekor tersebut dengan dua klub berbeda; AC Milan dan Real Madrid. Ia masuk final bersama Milan tiga kali yakni pada tahun 2003, 2005, dan 2007.

Di Madrid, ia masuk final dua kali. Yang pertama pada tahun 2014 dan tentu saja yang kedua pada tahun 2022 ini.

Sayangnya, ada satu noda dalam rekornya tersebut. Pada final edisi tahun 2005, pasukan Ancelotti dikalahkan Liverpool di Istanbul.

Menariknya, pada edisi final tahun 2022 ini, Carlo Ancelotti kembali akan bersua Liverpool. Jika pada tahun 2005 silam ia menghadapi tim yang diracik Rafael Benitez, kali ini ia akan melawan Jurgen Klopp.

Ancelotti sendiri kini mengungguli catatan pelatih-pelatih hebat lainnya. Sebut saja Marcello Lippi, Sir Alex Ferguson, dan Miguel Munoz.